How to Search for Keywords | Key Words Research | How to Choose a Keyword
Beberapa blogger pemula terkadang kesulitan dalam melakukan riset keywords dengan benar. Riset keyword sangat penting bagi sebuah website atau blog yang ingin menjaring banyak pengunjung untuk keperluan bisnis internet marketing atau sekedar ingin blogging biasa. Akan menjadi percuma kalau sekedar posting dan mengandalkan keajaiban search engine memperhatikan halaman Anda dan memasukkan postingan Anda dalam daftar istilah pencarian mereka. Toh, pada dasarnya kita sangat menginginkan tulisan kita bisa dibaca oleh orang-orang diseluruh dunia dan Indonesia pada khususnya.
Riset keyword merupakan salah satu langkah SEO yang vital sebelum kita membuat web yang menarik dan ramai pengunjung. Untuk mengetahui cara mendapatkan traffic gratis dari search engine, Anda perlu membaca postingan Saya yang lain di 7 Tips Onpage SEO. Di sana Anda akan mendapatkan tips memaksimalkan SEO Onpage yang sangat penting.
Pilih Frasa Kata Kunci yang Tepat untuk SEO Onpage
Jika Anda ingin halaman website Anda berada di salah satu posisi teratas di search engine, Anda perlu melakukan SEO. Anda dapat menggunakan keyword atau kata kunci yang tidak memiliki saingan terlalu banyak. Anda mungkin tidak ingin mengambil kata kunci yang dimaksimalkan oleh orang-orang dengan iklan berbayar seperti adwords misalnya atau keywords yang terlalu banyak orang menggunakannya. Ini bukan berarti bahwa Anda tidak bisa sampai ke peringkat teratas untuk kata kunci tersebut, tetapi untuk mencapai dan mempertahankan peringkat keyword Anda akan lebih sulit. Belajar seo tidaklah sulit, Anda hanya perlu tau caranya dan perlu energi yang lebih untuk melakukannya.
Ada satu metode analisis keywords atau riset keyword yang tidak sulit dilakukan tapi juga tidak semudah mendapatkannya seperti halnya membalikkan telapak tangan, tapi hal ini akan memberi kelebihan pada website Anda, trik seo ini sangat mempengaruhi website Anda dimata search engine. Pilih kata kunci dan frase kunci yang cocok dengan kriteria sebagai berikut:
- Pilih frase kata kunci atau keywords yang pencarinya di search engine Google lebih dari 1000 pencarian per bulan, jadi apabila dibagi per hari akan memperoleh pengunjung 30-an untuk satu kata kunci tersebut. Anda dapat memeriksa ini menggunakan tool gratis dari Google yaitu Google AdWords: Keyword Tool. Contoh: Saya membidik kata kunci ”masakan indonesia. Ikuti urutan nomor yang ada pada gambar, langkah terakhir mencentang atau contreng kata kunci lalu downloadkata kunci yang terseleksi dan buka di microsoft excel.
- Langkah untuk mengetahui jumlah saingan pengguna kata kunci tersebut, pergi ke halaman pencarian Google dan tambahkan di depan keywords yang Anda bidik tadi dengan kata ”allintitle:”. Sebagai contoh: Saya membidik keywords ”masakan indonesia” maka Saya akan menuliskan di kolom pencarian ”allintitle: masakan indonesia” (tanpa tanda kutip [”])
- Setelah Anda melakukan pencarian di langkah kedua, lihat di bagian atas layar pencarian Google untuk melihat berapa banyak halaman yang memuat keyword tersebut, itulah jumlah pesaing Anda. Jumlah halaman harus kurang dari 100.000 hasil. Bila jumlah tersebut lebih dari 100.000, tidak usah dipakai, karena pasti akan sangat susah untuk mengejarnya.
Metode analisis kata kunci sederhana dan gratis tersebut tetap ada kelemahannya. Dia menilai persaingan dengan menemukan jumlah halaman kompetitor tapi tidak memberikan indikasi kekuatan kompetitor.
Untuk mengetahui sedikit kekuatan kompetitor, Anda bisa pakai cara konvensional. Langkah pertama Anda instal plugin SeoQuake untuk browser Mozilla, Chrome atau Safari. Aktifkan seobar dan seotoolbar pada plugin tersebut. Maka pada langkah ketiga Anda akan sedikit tahu kompetitor atau saingan Anda. Hindari kompetitor yang memiliki pagerank 2 lebih di dihalaman pertama Google, ini akan lebih sulit menembus halaman pertama bila Anda tidak memiliki pagerank kecuali pagerank Anda lebih hebat dari mereka. Dalam halaman pencarian SeoQuake bisa menampilkan pagerank saingan/kompetitor.
Bila Anda telah menemukan kata kunci yang niche, yang banyak pencarinya dan sedikit saingannya. Maka silahkan Anda optimalkan dalam postingan dengan menerapkan SEO didalamnya.
Bila Anda telah menemukan kata kunci yang niche, yang banyak pencarinya dan sedikit saingannya. Maka silahkan Anda optimalkan dalam postingan dengan menerapkan SEO didalamnya.
Bisnis internet marketing semakin hari semakin marak dan meluas, sungguh beruntung kita yang hobi ngeblog. Secara tidak langsung kita selangkah lebih maju di dunia internet daripada orang-orang yang tidak pernah menggunakan internet sebagai media informasi mereka. Tapi alangkah lebih baik lagi kalau kita mengetahui ilmu-ilmu serta peluang-peluang yang bisa dimanfaatkan atau dimaksimalkan dari dunia internet. Manfaatkan internet dan peluang-peluangnya, jangan kita yang dimanfaatkan oleh internet.
how to search for keywords, key words research, how to choose a keyword
No comments:
Post a Comment