Sunday, March 4, 2012

Script Recent Post

Script Recent Post

Script Recent Post adalah script yang digunakan untuk menampilkan postingan terakhir dalam sebuah website atau blog. Setelah diterapkan dalam sebuah blog maupun website maka dikenal juga dengan Latest Post Widget. Apabila diterapkan dalam blogger maka dapat disebut Blogger Recent Posts atau Recent Posts Blogger. Script ini berbentuk javascript. Ada dua bentuk javascript yang dapat Anda pilih, yaitu untuk diterapkan kedalam blog bahasa inggris atau ke blog yang berbahasa indonesia.

Download script: 
Perbedaan dari kedua script tersebut adalah pada format tanggal yaitu (tanggal bulan tahun) untuk bahasa indonesia, atau (bulan tanggal tahun) untuk bahasa inggris. Juga nama bulan, Des (Desember) untuk bahasa indonesia atau Dec (December) untuk bahasa inggris. Format tersebut merupakan standar yang digunakan pada bahasa masing-masing.

Untuk pengaturannya dapat Anda lihat dibawah ini:
  • Ganti http://www.rahmat-dharmawan.com dengan alamat blog Anda. 
  • Untuk mengatur jumlah postingan, ganti angka 8 dari var numposts = 8; menjadi jumlah postingan yang Anda inginkan untuk ditampilkan.
  • Untuk menghilangkan tanggal, ganti variable true menjadi false pada var showpostdate = true
  • Untuk menghilangkan kutipan posting, ganti variable true menjadi false pada var showpostsummary = true;
  • Untuk menambah atau mengurangi jumlah kutipan posting, ganti angka 100 dari var numchars = 100; menjadi yang ingin Anda kehendaki, semakin banyak angkanya maka kutipannya akan semakin banyak.

Cara Pasang

Apabila Anda menggunakan blogger. Anda masuk Dashboard blog Anda. Lalu pilih Rancangan - pilih Elemen Laman - Tambah Gadget - Pilih HTML/Javascript - Tuliskan Judul - Copypastekan kode script (pilih script bahasa indonesia atau inggris, setting seperti diatas menurut keinginan Anda) - Simpan.

Untuk Wordpress.com, fasilitas latest post widget atau script recent post sudah tersedia di menu widget, jadi tinggal pakai aja. Kalau Anda pakai Wordpress.org dapat menambahkan widget ini sebagai pilihan alternatif agar beda dari yang lain.

Tampilannya akan seperti contoh dibawah ini, atau Anda bisa lihat di sidebar blog ini. Ini sebagai contoh saja, settingannya Saya ubah menjadi 3 jumlah postingan, tanggal Saya hilangkan dengan merubah true menjadi false, jumlah kutipan tetap 100.


Script Recent Post ini semoga dapat menjadi solusi bagi Anda yang ingin menampilkan postingan terakhir dalam sebuah website atau blog. Setelah diterapkan dalam sebuah blog maupun website, Latest Post Widget akan sangat berguna bagi Anda yang menginginkan blog Anda terlihat simpel dan terlihat profesional. Apabila digunakan dalam blogger maka Blogger Recent Posts atau Recent Posts Blogger dapat menggantikan fungsi arsip dalam blog Anda.

Related Articles



No comments:

Post a Comment