Wednesday, January 25, 2012

The Difference Tumors and Cancer

Pengertian Tumor dan Kanker

Beda Tumor dan Kanker

Anggota tubuh kita terdiri dari berjuta-juta sel yang berukuran sangat kecil dan hanya mampu dilihat menggunakan mikroskop. Beberapa jaringan bersatu membentuk organ, misalnya ginjal, rahim, dan paru-paru.
Selain untuk pertumbuhan, pembelahan sel juga berguna untuk penyembuhan luka atau mengganti sel-sel yang mati. Pembelahan sel ini terjadi selama manusia masih hidup.

Pada dasarnya sel mempunyai tingkah laku sama, membentuk sel-sel baru dengan cara membelah, masa hidupnya tertentu, dan kemudian mati atau rusak.

Pembelahan sel hanya terjadi di bagian tubuh yang memerlukan, misalnya saat terjadi luka. Untuk menutup luka tersebut, terjadilah peningkatan pembelahan sel. Pembelahan sel ini diatur oleh faktor keturunan (genom) yang terdapat dalam inti sel tubuh. Genom mengatur keseimbangan faktor pemacu dan penghambat pembelahan sel. Genom dapat mengalami perubahan/mutasi sehingga terjadi kekeliruan dalam pengaturan pembelahan sel.
Oleh sebab-sebab tertentu, genom mengalami perubahan sehingga terjadi mutasi sel. Sel mengalami pembelahan yang tidak sewajarnya (abnormal) proses ini dinamakan karsinogen. Sel-sel abnormal mengalami pembelahan terus-menerus dalam waktu yang lebih cepat sehingga tumbuh berjejal-jejal dan membentuk benjolan.

Apa tumor dan kanker itu? Adalah Sel abnormal yang mengalami pembelahan terlalu cepat ini dinamakan tumor. Tumor dapat timbul di semua bagian tubuh, misalnya kulit, paru-paru, lambung, dan bagian tubuh lainnya.

Tumor dibedakan menjadi dua macam, yaitu tumor jinak dan tumor ganas. Beda Tumor dan Kanker, pada tumor jinak, sel-sel yang mengalami pembelahan terus-menerus terjadi di tempat asal sel dan dalam waktu yang relatif lebih lambat. Tumor jinak bersimpai dan berselaput pembungkus sehingga relatif tidak berbahaya dan mudah dioperasi.

Pada tumor ganas, sel-sel yang mengalami pembelahan terus-menerus dapat berpindah tempat ke bagian lain di dalam tubuh dan membentuk tumor baru (mengalami metastasis). Waktu pembelahan sel-sel pada tumor ganas lebih cepat dibandingkan pada tumor jinak. Tumor ganas sering disebut juga kanker itulah Perbedaan Tumor dan Kanker. Demikian penjelasan singkat mengenai Perbedaan Tumor dan Kanker.

perbedaan tumor dan kanker,perbedaan kanker dan tumor,perbedaan tumor dengan kanker,perbedaan tumor jinak dan tumor ganas,patofisiologi kanker,pembelahan sel abnormal,facebook,desain kalender 2012,kanker,beda tumor dan kanker,perbedaan tumor jinak dan ganas,pembelahan sel,apakah tumor,contoh kanker dan tumor,tumor paru,arti tumor,tumor paru-paru,pembelahan sel kanker,perbedaan kanker dengan tumor,perbedaan tumor jinak dengan tumor ganas,perbedaan tumor ganas dan tumor jinak,beda tumor kanker,contoh makalah mengenai kanker ganas pada vagina,makalah perbedaan kanker dan tumor,makalah perbedaan tumor dan kanker,lebih ganas mana antara tumor dengan kanker,artikel tumor dan kanker,beda tumor dengan kanker,perbedaan kanker paru-paru,beda tumor jinak dan ganas,Perbedaan Tumor Paru Dan Kanker Paru,sel tumor,perbedaan ganas dan jinak,perbedaan tumor ganas dan jinak,perbedaan pemahaman mengenai tumor dan kanker,mengapa tumor ganas lebih berbahaya daripada tumor jinak,pengertian kangker dan tumor,paru-paru tumor,tumor jinak dan tumor ganas pada vulva,apakah tumor jinak berbahaya,mengapa tumor ganas lebih berbahaya dibandingkan tumor jinak,KANKER DAN TUMOR,lebih ganas mana tumor dan kanker,apakah pengertian tumor,lebih ganas mana tumor dengan kanker

Related Articles



No comments:

Post a Comment