Thursday, June 14, 2012

Mengoptimalkan Blog

Mengoptimalkan Blog

Mengoptimalkan blog bisa jadi bukan pekerjaan yang mudah. Dalam memaksimalkan blog Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal urgent yang terkait dengan hal tersebut. Meliputi desain keseluruhan blog itu sendiri agar nyaman dikunjungi, maupun konten didalamnya sampai segi SEO-nya. Beberapa hal penting dalam memaksimalkan blog adalah:
  • Gunakan Keyword Populer
    Cara yang baik untuk mencapai tujuan dari sebuah blog yang sukses adalah dengan menggunakan keyword yang banyak dicari orang. Selain lebih efektif, keywords tersebut juga akan lebih banyak mengarahkan pengunjung daripada keyword yang asal-asalan. Untuk memeriksa jumlah pencari sebuah keywords, dapat memakai tool gratis dari Google di Google AdWords: Keyword Tool. Cara melakukan riset keyword yang lengkap dapat Anda baca postingan yang lain di Cara Melakukan Riset Keywords untuk Postingan Anda.
  • Gunakan Keyword dalam Artikel
    Menanamkan keyword dalam artikel akan sangat membantu dalam memaksimalkan halaman sebuah situs. Sebarkan frase kata kunci anda ke seluruh konten halaman postingan Anda. Dari segi SEO hal ini sangat berpengaruh pada Search Engine Google. Tetapi Anda tetap harus memperhatikan kepadatan keywords dalam artikel Anda agar tidak masuk dalam Google Sandbox. Untuk lebih jelasnya dalam tehnik meletakkan keyword di dalam postingan, Anda perlu membaca postingan lainnya di Tips On-page SEO.
  • Gunakan Ilustrasi yang Relevan
    Ketika orang telah menemukan artikel yang dicarinya dan terdapat gambar maupun foto yang sesuai dengan temanya, mereka cenderung merasa nyaman dan akan lebih tertarik untuk membacanya. Usahakan juga untuk menanamkan keyword yang sama maupun turunan dari keywords tersebut dalam gambar. Ada banyak cara,  Anda dapat me-rename nama gambar tersebut dengan keyword dan menambahkan keyword pada add caption bila menggunakan blogger. Apabila menggunakan wordpress dapat menambahkan keyword pada Title dan Alternate Text di menu edit image setelah mengupload gambar, re-name juga nama gambar dengan keyword.
  • Izinkan Pengunjung untuk Meninggalkan Komentar
    Mengijinkan orang untuk meninggalkan komentar memungkinkan mereka untuk memiliki rasa partisipasi dalam blog yang telah mereka kunjungi. Aspek baik yang lain adalah bahwa komentar atau umpan balik dari pengunjung akan membantu dalam membuat pembaca memiliki perspektif yang positif dari blog tersebut.
  • Mudahkan Pengunjung untuk Berlangganan
    Pastikan pengunjung dapat dengan mudah berlangganan artikel. Apabila ada pengunjung yang senang dan selalu tertarik dengan tulisan-tulisan kita maka mudahkanlah mereka dengan menyediakan link feed. Anda dapat menggunakan feedburner dari google atau menggunakan fasilitas feed yang disediakan oleh blogger maupun wordpress.
Mengoptimalkan blog merupakan sebuah seni serta ilmu yang unik dan menarik, dan hanya memerlukan sedikit kerja dan dedikasi untuk memaksimalkan blog. Apabila gol tercapai maka ada kepuasan didalamnya. Semoga tips ini dapat membantu.

Related Articles



10 comments:

  1. Makasih infonya mas, sangat membantu blogger pemula yang belum banyak mengerti cara memaksimalkan blog seperti Saya ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya sama-sama mas, alhamdulillah kalo artikel ini dapat membantu.

      Delete
  2. saya sering menemui kata keyword, tapi saya masih bingung caranya memasang dan contoh dari keyword itu apa ya.. makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cara memasangnya sama seperti saat menulis artikel, keyword adalah sebuah kata kunci dalam sebuah artikel. Penjelasan lengkap dan pemasangan bisa dilihat di postingan lain di http://www.rahmat-dharmawan.com/2012/02/tips-onpage-seo.html . Makasih kembali.

      Delete
  3. maturnuwon...
    salam http://blog.beritabaris.com

    ReplyDelete
  4. Modal Gratiss..!! hasilkan ratusan ribu rupiah hingga jutaan: http://financialbless.bogspot.com

    ReplyDelete
  5. arti seo onepage dan seo offpage itu apa mas..??
    maklum masih newbe jadi cara optimalkan blog saya masih biasa-boasa saja...tolong di bantu..

    ReplyDelete
  6. Mantef Bro.. Tips-Tips Mengoptimalkan Blog Memang Tidak ada Habisnya... Kunjungi Juga Tips SEO yang sering saya Gunakan Bro..

    ReplyDelete
  7. Bismillah,

    salam kenal mas, aku baru belajar blogging nih, sharing2 infonya ya,

    thanks

    ReplyDelete